Kompas.com - 09/03/2017, 17:45 WIB
Facebook 360 FacebookFacebook 360
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan kemajuan teknologi, sarana untuk memasarkan produk pun semakin beragam. Salah satu sarana pemasaran yang dipandang paling efektif saat ini adalah dengan platform digital dan mobile.

Jejaring sosial Facebook pun kini tak hanya berfungsi sekadar jejaring sosial, namun juga sebagai platform pemasaran digital yang paling mudah menjangkau konsumen.

Namun, memasarkan produk melalui Facebook ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Perlu strategi, inovasi, dan ide kreatif yang mumpuni agar pengguna Facebook dapat tertarik dengan produk yang dipasarkan.

Country Director Facebook Indonesia Sri Widowati menyatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

"Pertama, apa sebenarnya tujuan bisnis Anda. Kedua, apakah tujuan pemasaran sesuai dengan tujuan bisnis dan ketiga, pikirkan perilaku konsumen di (platform) mobile" kata Sri pada acara The 2nd Wow Brand Festive Day di Hotel Raffles Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Sri mengungkapkan, Facebook adalah sarana yang bagus untuk memasarkan produk. Bagaimana tidak, pengguna Facebook di Indonesia jumlahnya sangat besar. Setiap bulan, sebanyak 93 juta pengguna Indonesia mengakses Facebook.

Adapun setiap harinya, ada 51 juta pengguna Indonesia mengakses jejaring sosial bikinan Mark Zuckerberg tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pemasaran dengan (platform Facebook) harus diukur dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa inovasi lagi sehingga bisnis terus berkembang," jelas Sri.

Salah satu cara beriklan yang kini banyak digunakan adalah melalui video. Akan tetapi, untuk memasarkan produk dengan iklan, Anda perlu jeli.

Sri memberi contoh, durasi video yang cukup efektif untuk beriklan adalah sekitar 2 detik. Namun, dalam waktu yang sangat singkat tersebut, ide cerita dan tampilan yang disajikan harus efektif, jelas, dan langsung dipahami maknanya oleh konsumen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.