Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Pastikan Layanan Penanganan Bagasi di Terminal 3 Transparan

Kompas.com - 10/03/2017, 12:06 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) memastikan bahwa layanan penanganan bagasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta berlangsung dengan transparan. 

Pernyataan ini dilayangkan untuk merespon keluhan pelanggan terkait dengan penanganan bagasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta khususnya mengenai waktu tunggu pengambilan bagasi.

(Baca: Kemenhub Beri Catatan soal Penanganan Bagasi di Soekarno-Hatta)

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menerangkan, transparansi layanan penanganan bagasi dilakukan melalui digitalisasi yakni pengoperasian sistem teknologi informasi baggage handling time monitoring system yang pengaturannya dilakukan melalui aplikasi internal perseroan yaitu iPerform. 

Selain itu, pihaknya telah memasang kamera pengawas atau CCTV di area penempatan bagasi ke baggage handling system

Menurut Awaluddin, saat ini di Terminal 3 domestik telah terpasang 2 layar monitor di setiap conveyor belt pengambilan bagasi, yang berguna untuk menampilkan informasi perkiraan kedatangan bagasi. 

"Juga ada video CCTV secara langsung (live) yang memperlihatkan proses pengantaran bagasi oleh crew groundhandling ke baggage handling system," ujar Awaluddin dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Adapun, rata-rata per hari bagasi yang ditangani melalui baggage handling system di Terminal 3 domestik sekitar 12.000 koli hingga 15.000 koli dengan jumlah 350 pergerakan pesawat.

(Baca: AP II Operaskan "Command Center" di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta)

Menurut dia, dengan baggage handling time monitoring system penumpang dapat memantau apakah waktu penanganan sesuai dengan peraturan.

Sesuai peraturan, bagasi pertama yang tiba di baggage claim area paling lama 20 menit dari pesawat merapat ke terminal dan paling lama 40 menit.

"Di setiap conveyor belt yang ada di baggage claim area telah dipasang monitor agar penumpang dapat memantau waktu dan cara penanganan bagasi," jelasnya. 

"Kami berharap upaya transparansi penanganan layanan bagasi ini akan berdampak kepada peningkatan kualitas pelayanan kepada penumpang pesawat," tandasnya. 

Penerapan transparansi layanan penanganan bagasi di terminal 3 ini melengkapi layanan berbasis digital lain yang terlebih dulu ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Layanan tersebut misalnya Digital Cinema, Smart Parking, Smart Queuing System untuk taksi, Digital Baggage Handling System, Self-Service Check-in, dan Wifi berkecepatan tinggi. 

(Baca: Bioskop Digital Hadir di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta)

Serta aplikasi Indonesia Airports yang saat ini dapat diakses melalui smartphone Android dan kedepannya juga melalui sistem operasi iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com