Dana Repatriasi "Tax Amnesty" yang Masuk ke Pasar Modal Mencapai Rp 9 Triliun

Kompas.com - 10/03/2017, 21:25 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan, saat ini dana repatriasi dari program pengampunan pajak atau tax amnesty yang sudah masuk ke pasar modal mencapai Rp 9 triliun.

"Ada yang masuk ke saham, reksadana, dan ke KPD (Kontrak Pengelolaan Dana). Ada yang di obligasi pemerintah," jelas Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida di Kantor Kementerian Keuangan, Jumat (10/3/2017).

Menurut Nurhaida, sebagian besar masuk ke reksadana. Namun begitu, imbuh dia, tidak tertutup kemungkinan, dana yang masuk ke reksadana tersebut masuk pula ke instrumen lainnya, termasuk Surat Berharga Negara (SBN).

Secara umum, Nurhaida menyatakan, arus dana dari program amnesti pajak biasanya masuk dengan deras menjelang periode akhir pelaksanaan amnesti pajak.

Dana tersebut pertama kali masuk ke perbankan yang ditunjuk sebagai gateway kemudian mulai diinvestasikan ke produk-produk pasar modal.

Mengutip data dari situs resmi tax amnesty, dana repatriasi yang telah masuk mencapai Rp 145 triliun. Deklarasi dalam negeri mencapai Rp 3.314 triliun dan deklarasi luar negeri mencapai Rp 1.019 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.