Hipmi: Dirut BRI Baru Harus Konsisten Pada Pembiayaan Keuangan Mikro

Kompas.com - 13/03/2017, 13:19 WIB
Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Asmawi Syam  di Stasiun Juanda Jakarta, Senin (19/12/2016) Achmad Fauzi/Kompas.comDirektur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Asmawi Syam di Stasiun Juanda Jakarta, Senin (19/12/2016)
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bakal memiliki nahkoda baru dalam waktu dekat. Sejumlah nama telah dikantongi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menduduki kursi nomor satu di BRI menggantikan Direktur Utama BRI saat ini, Asmawi Syam, yang akan mengakhiri jabatannya pada Maret ini.

Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) menyambut baik siapa saja yang bakal ditunjuk pemegang saham memegang kendali BRI. Meski demikian, Hipmi berharap, pimpinan BRI yang baru harus merupakan sosok yang memiliki komitmen yang kuat kepada pembiayaan keuangan mikro (microfinance).

"Hipmi berharap dirut baru nantinya tetap menjaga khitoh BRI sebagai lembaga keuangan yang berkomitmen membiayai usaha mikro, kecil dan menengah," ujar Ketua Bidang Keuangan BPP Hipmi, Irfan Anwar dalam keterangannya tertulisnya kepada Kompas.com, Senin (13/3/2017).

Irfan mengatakan, sejauh ini BRI tetap menunjukan komitmennya sebagai lembaga keuangan milik negara yang membiayai UMKM. Hal tersebut dapat dilihat dari eksposur pinjaman BRI yang mencapai 80 persen untuk UMKM. Irfan berharap, BRI tetap konsisten menjaga porsi pinjaman UMKM tersebut.

"Godaan untuk memperbesar porsi sektor lainnya memang besar seperti korporat dan konsumsi. Sebab disana dianggap lebih efisien dan prospektif. Tapi ruh dari BRI itu ada di pembiayaan ekonomi berbasis kerakyatan. Ini tugas BRI juga untuk menjaga inklusi keuangan ke sana," pungkas Irfan.

Sebagaimana diketahui, Rapat umum pemegang saham (RUPS) pergantian direksi BRI akan digelar pada Rabu (15/3/2017) besok.

Sejumlah kandidat mulai beredar antara lain Wakil Direktur Utama BRI Sunarso, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman Arif Arianto, Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto, Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti, serta Direktur BRI Randi Anto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jajaran direksi BRI saat ini adalah Asmawi Syam (Dirut), Sunarso (Wadirut) serta para direktur, yakni Sis Apik Wijayanto, Priyastomo, Randi Anto, Susy, Zulhelfi Abidin, Donsuwan Simatupang, Haru, Mohammad Irfan, dan Kuswiyoto.

Sesuai dengan ketentuan yang ada, Menteri BUMN akan mengusulkan calon direktur utama BRI kepada tim penilai akhir (TPA). Adapun TPA terdiri atas Presiden (sebagai Ketua), Wakil Presiden (sebagai Wakil Ketua), Menteri Keuangan, Menteri Negara BUMN, dan Sekretaris Kabinet (sebagai Sekretaris). TPA kemudian memutuskan dirut BRI yang baru.

Kompas TV BRI Luncurkan Satelit Senilai 3,37 Triliun
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.