Kompas.com - 13/03/2017, 19:32 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlambatan ekonomi pada tahun 2016 berdampak kepada peningkatan rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) industri perbankan nasional.

PT Bank Central Asia Tbk pun mencatat kenaikan NPL pada tahun 2016. BCA melaporkan, NPL gross pada tahun 2016 tercatat sebesar 1,3 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan NPL BCA pada tahun 2015 yang tercatat sebesar 0,7 persen.

"Rasio tersebut berada di bawah rata-rata industri perbankan yang berada pada level 2,9 persen," ungkap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (13/3/2017).

Pada kesempatan yang sama, Direktur BCA Rudy Susanto menjelaskan, kenaikan rasio NPL disumbang oleh segmen kredit komersial dan UKM. Ini terkait dengan sektor jasa angkutan laut domestik di bidang batu bara.

"NPL segmen korporasi naik dari 0,3 persen ke 0,8 persen. NPL segmen komersial dan UKM naik dari 1,1 persen menjadi 2,1 persen, serta NPL segmen konsumer naik dari 0,7 persen ke 0,8 persen," jelas Rudy.

Untuk memitigasi risiko akibat peningkatan NPL, BCA telah membentuk beban pencadangan kredit bermasalah sebesar Rp 4,5 triliun. Dengan demikian, posisi cadangan kredit tercatat sebesar Rp 12,5 triliun, naik 38,5 persen dibandingkan pada tahun 2015.

Adapun rasio cadangan terhadap kredit bermasalah tercatat sebesar 229,4 persen. Sementara itu, secara keseluruhan rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) BCA  mencapai 21,9 persen pada tahun 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.