Kompas.com - 14/03/2017, 16:56 WIB
Gedung Federal Reserve cnn moneyGedung Federal Reserve
|
EditorM Fajar Marta

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank sentral AS Federal Reserve diekspektasikan mengumumkan kenaikan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) pada esok, Rabu (15/3/2017).

The Fed diprediksi bakal menaikkan FFR menjadi 0,75 hingga 1 persen. Para investor kini juga menunggu apakah The Fed akan mengubah proyeksi mereka untuk tahun 2017 dan berikutnya.

Mengutip Bloomberg, Selasa (14/3/2017), Gubernur The Fed Janet Yellen akan memberikan keterangan pers selama 30 menit terkait hasil pertemuan dan proyeksi baru The Fed.

Beberapa hal yang ditunggu dari pernyataan tersebut antara lain apakah The Fed akan tetap menaikkan FFR sebanyak tiga kali pada tahun ini. Terakhir kali The Fed memberikan pembaruan mengenai FFR pada Desember 2016.

The Fed diperkirakan juga bakal memberikan proyeksi hingga tahun 2019. "Ini akan memberikan dampak sinyal dari pemberi kebijakan terkait kecenderungan pengetatan pada Maret dan apakah ada pergeseran waktu dan jumlah kenaikan pada FOMC yang akan disetujui tahun ini," kata Jonathan Wright, profesor ekonomi dari Johns Hopkins University.

Wright yang pernah menjabat sebagai ekonom The Fed juga menyatakan, data ekonomi dalam waktu beberapa bulan belakangan ini secara umum baik. Akan tetapi, ia tidak melihat ini akan mengubah outlook pertumbuhan atau inflasi.

"Tugas Yellen pada konferensi pers akan menegaskan bagian (kenaikan secara) gradual terkait proyeksi suku bunga," ungkap Roberto Perli, partner di Cornerstone Macro dan mantan ekonom The Fed.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.