Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceh Utara Minta Bandara Malikussaleh Dikelola Kemenhub

Kompas.com - 17/03/2017, 18:37 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara meminta Kementerian Perhubungan, mengelola Bandara Sultan Malikussaleh, Aceh Utara.

Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Utara telah beberapa kali mengirimkan surat ke Kementerian Perhubungan terkait pengelolaan bandara tersebut.

“Saat Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, kami telah mengirim surat. Terakhir, menteri yang Budi Karya Sumadi juga telah diserahkan surat permintaan agar bandara itu dikelola kementerian perhubungan,” sebut Kepala Dinas Perhubungan, Kabupaten Aceh Utara, F Badli, Jumat (17/3/2017).

Dia menjelaskan, surat untuk Budi diserahkan saat Budi Karya Sumadi meninjau kondisi gempa di Pidie Jaya, 10 Desember 2017.

“Namun, sampai saat ini belum dijawab surat itu. Kami akan menyerahkan aset bandara itu ke Kementerian Perhubungan sekaligus pengelolaannya," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk mengelola bandara tersebut, Pemerintah Aceh Utara mengalokasikan dana Rp 1,7 miliar, adapun pendapatan dari bandara itu sekitar Rp 500 juta per tahun.

“Karena itulah, agar bandara ini lebih maju, modern dan semakin berkembang, kami pikir ada baiknya dikelola kementerian. Semoga kementerian bisa segera merespon permohonan kita,” pungkas F Badli.

Sekadar diketahui, bandara itu sebelumnya milik PT Arun NGL yang dihibahkan ke Pemerintah Aceh Utara. Kini, maskapai yang menerbangi bandara tersebut adalah Garuda Indonesia dan Wings Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com