Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bakal Terbitkan Seluruh SBN Valas di Semester I 2017

Kompas.com - 20/03/2017, 18:25 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kemungkinan besar akan menerbitkan seluruh sisa surat berharga negara (SBN) berdenominasi valuta asing (valas) pada paruh pertama tahun 2017. Nilainya mencapai 6,5 miliar dollar AS.

Direktur Surat Utang Negara, Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko, Kementerian Keuangan Loto Srianita Ginting mengatakan, rencana tersebut dilakukan setelah mempertimbangkan perkembangan kondisi global, utamanya kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS).

Loto mengatakan, pada Desember 2016, pemerintah telah menerbitkan SBN valas lebih awal dari tahun anggaran berjalan (prefunding issuance), yaitu USD conventional bonds senilai 3,5 miliar dollar AS.

"Sisanya sekitar 6,5 miliar dollar AS lagi," kata Loto kepada Kompas.com melalui layanan pesan, Senin (20/3/2017).

Ditemui di sela-sela acara penandatanganan kerja sama Bank Indonesia (BI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia, Loto mengatakan sisa SBN valas yang rencananya akan diterbitkan di semester-i 2017 yaitu global sukuk dollar AS, Euro bonds, dan Samurai/Yen bonds.

Melihat perkembangan ekonomi global, dimana China masih belum menunjukkan pemulihan yang solid, Loto mengatakan, pemerintah akan hati-hati mengeluarkan obligasi konvensional.

Akan tetapi, apabila diperlukan prefunding issuance untuk tahun anggaran 2018, pemerintah mungkin kembali akan mengeluarkan obligasi konvensional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com