Pemerintah Bakal Terbitkan Seluruh SBN Valas di Semester I 2017

Kompas.com - 20/03/2017, 18:25 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kemungkinan besar akan menerbitkan seluruh sisa surat berharga negara (SBN) berdenominasi valuta asing (valas) pada paruh pertama tahun 2017. Nilainya mencapai 6,5 miliar dollar AS.

Direktur Surat Utang Negara, Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko, Kementerian Keuangan Loto Srianita Ginting mengatakan, rencana tersebut dilakukan setelah mempertimbangkan perkembangan kondisi global, utamanya kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS).

Loto mengatakan, pada Desember 2016, pemerintah telah menerbitkan SBN valas lebih awal dari tahun anggaran berjalan (prefunding issuance), yaitu USD conventional bonds senilai 3,5 miliar dollar AS.

"Sisanya sekitar 6,5 miliar dollar AS lagi," kata Loto kepada Kompas.com melalui layanan pesan, Senin (20/3/2017).

Ditemui di sela-sela acara penandatanganan kerja sama Bank Indonesia (BI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia, Loto mengatakan sisa SBN valas yang rencananya akan diterbitkan di semester-i 2017 yaitu global sukuk dollar AS, Euro bonds, dan Samurai/Yen bonds.

Melihat perkembangan ekonomi global, dimana China masih belum menunjukkan pemulihan yang solid, Loto mengatakan, pemerintah akan hati-hati mengeluarkan obligasi konvensional.

Akan tetapi, apabila diperlukan prefunding issuance untuk tahun anggaran 2018, pemerintah mungkin kembali akan mengeluarkan obligasi konvensional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.