Jonan: Pembangunan FPU Jangkrik Hemat Rp 3,9 Triliun 

Kompas.com - 22/03/2017, 09:00 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

KARIMUN, KOMPAS.com -  Kapal pengolah gas atau Floating Processing Unit (FPU) Jangkrik telah selesai dibangun. Dengan selesainya FPU menandai akan segera berproduksinya gas di Blok Muara Bakau di Selat Makassar.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebutkan, pembangunan proyek ini dapat menghemat anggaran hingga Rp 3,9 triliun atau 300 juta dollar AS. 

Hal ini karena pembangunanan FPU ini lebih cepat 12 bulan dari perkiraan waktu semula. Sehingga, adanya efisiensi pekerjaan dalam kontrak pembangunan yang tadinya dikerjakan ‎menjadi tidak dikerjakan.

"Dari yang direncanakan  4,5 miliar dollar AS, kurang lebih sekarang menjadi sekitar  4,2 miliar dollar AS, itu besar sekali, ini Rp 50 triliun lebih," ujarnya saat peresmian FPU Jangkrik di Karimun Kepulauan Riau (21/3/2017). 

 Menurut Jonan, pembangunan FPU Jangkrik ini tidak akan selesai jika tidak mendapat dukungan dari pemerintah daerah khususnya, Gubernur Kepulauan Riau.

"ENI Muara Bakau BV juga tadi memberikan masukkan untuk percepatan perizinan. Mereka sangat gembira dengan (peran) pemerintah daerah setempat, bupati, gubernur pro bisnis, tidak mempersulit, ini yang diharapkan kita semua," katanya.

Dalam hal ini, Jonan menekankan efisiensi segala hal di sektor minyak dan gas (migas). Karena, kata dia, saat ini harga gas maupun harga minyak tidak bisa dikendalikan oleh siapapun. 

"Tidak ada negara manapun yang bisa mengendalikan harga minyak dan gas yang menentukan yakni pasar global. Ini adalah semangat dari efisiensi bagi kita dan kontraktor," katanya. 

Sekadar informasi, FPU Jangkrik ini  merupakan fasilitas migas berbentuk kapal yang dibangun oleh konsorsium antara Saipem, Tripatra, Chiyoda dan Hyundai Heavy Industries.

Awal kontruksi FPU Jangkrik dimulai dari tahun 2014 dan selesai pada Maret 2017. FPU Jangkrik dapat memproduksi gas sebesar sebesar 450 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.