Kompas.com - 27/03/2017, 10:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajib pajak (WP) yang akan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak secara online di pagi awal pekan ini, Senin (27/3/2017) sempat kecewa, karena server down selama sekitar satu jam.

Dari pantauan Kompas.com di KPP Pratama Tanjung Priok, server Ditjen Pajak sempat down pada pukul 09.45 hingga 10.45.

Menurut petugas KPP Pratama Tanjung Priok, Syifa, kejadian server down ini tidak hanya terjadi di tempatnya bertugas, melainkan seluruh nasional. Kemungkinan terbesar adalah dikarenakan banyak orang yang mengakses dalam waktu bersamaan.

"Kemarin-kemarin enggak down. Mungkin karena hari ini banyak yang mengakses bersamaan," kata Syifa.

Sementara itu, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Kementerian Keuangan, Hestu Yoga Saksama membenarkan server DJP sempat down. "Iya, tapi cuma sebentar," kata Hestu.

Seorang wajib pajak yang akan melaporkan SPT mengeluhkan kejadian server Ditjen Pajak yang down pada pagi ini.

"Sudah menunggu lama, eh.. sampai sini malah server down..," kata salah seorang wajib pajak di KPP Pratama Tanjung Priok.

KPP Pratama Tanjung Priok melayani WP mulai dari jam 08.00 wib. Dari keterangan petugas di KPP Pratama tersebut, hingga hari ini jumlah WP yang sudah melaporkan SPT Tahunan Pajak mencapai 7.800 orang.

Sementara itu, jumlah pemohon e-fin baru mencapai 1.349 akun, dan aktivasi e-fin sebanyak 567 akun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.