Kompas.com - 29/03/2017, 09:55 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Amerika Serikat dipandang bakal menuju resesi dalam dua tahun ke depan. Hal ini disebabkan stimulus fiskal berlebih dari pemerintahan Presiden Donald Trump menggiring perekonomian negara tersebut menuju ketidaksinambungan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Adam Posen, Presiden Peterson Institute for International Economics.

Mengutip CNBC, Rabu (29/3/2017), Posen menyatakan target pertumbuhan ekonomi 3 persen atau lebih susah untuk dicapai dengan kondisi produktivitas dan tingkat serapan tenaga kerja saat ini.

Selain itu, Presiden Trump juga berencana memangkas pajak dan deregulasi finansial. Hal-hal itu dapat menggiring ekonomi AS pada masalah.

"Tenaga kerja hanya tumbuh 0,5 persen dan produktivitas 1 persen, sehingga tidak bisa mencapai target pertumbuhan 3 sampai 4 persen," ujar Posen.

Deregulasi finansial, imbuh Posen, di satu sisi adalah hal baik. Akan tetapi, kebijakan ini bisa mendorong lonjakan kredit dan menyebabkan bank sentral AS Federal Reserve harus melakukan pengetatan kebijakan.

The Fed sudah mencoba untum mengelola sinyal-sinyal pertumbuhan ekonomi AS dengan menaikkan suku bunga acuan secara gradual.

Pada bulan Maret 2017 ini, The Fed sudah menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin, pertama kali pada tahun ini dan ketiga kali sejak krisis finansial.

Namun demikian, The Fed diekspektasikan untuk menaikkan suku bunga acuan lebih lanjut pada tahun ini. Posen mengantisipasi tiga kali kenaikan dan terus berlanjut pada 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.