Rabobank Intensifkan Penawaran Produk Petani ke "Buyer" Internasional

Kompas.com - 31/03/2017, 12:30 WIB
Ilustrasi bank ShutterstockIlustrasi bank
|
EditorAprillia Ika

SEMARANG, KOMPAS.com – PT Rabobank Internasional Indonesia, bank yang fokus di sektor pertanian, secara serius memfasilitasi petani untuk mendapatkan pembeli (buyer) dari luar negeri.

Direktur Bisnis Rabobank Indonesia Heradian Yoto mengatakan, perusahaannya mempunyai akses internasional yang cukup luas untuk memasarkan produk dari para petani.

Bank ini juga mempunyai nasabah aktif yang potensial menjadi buyer bagi produk pertanian di Indonesia.

“Ini akses internasional. Jadi, petani, peternak siapa tahu ingin dibantu mencari buyer di luar negeri. Bank ini sangat berguna karena punya daya tarik,” kata Heradian, Jumat (31/3/2017).

Kredit Pertanian

 

Selain mendapat akses bantuan buyer luar negeri, petani juga diberi kesempatan mengajukan akses pengajuan kredit usaha kecil dan menengah mulai dari Rp 1,5 miliar hingga Rp 20 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam perkembangan kredit ini, petani juga diberikan modal penguatan sumber daya manusia. Modal pengetahuan diberikan seiring perkembangan produk pertanian yang dihasilkan. Pendampingan diperlukan untuk mengurangi risiko kredit macet.

“Risiko itu kan kalau ada pengetahuan bisa dihindari. Yang penting dalam bisnis itu cashflow, modal kerja,” ujarnya.

Head Region Rabobank Indonesia Andreas Andy Rahadi menambahkan, sejauh ini sudah ada 2.177 nasabah di Jateng yang difasilitasi pengajuan kredit pertanian itu.

Mereka yang diberi fasilitas umumnya para petani yang tidak punya kekuatan untuk masuk di bank konvensional. Para peternak sapi perah, misalnya selain diberi angsuran dana, juga akan dilakukan pendampingan pengembangan usaha.

Jika sudah mengalami perkembangan bagus, diberi kesempatan untuk mencari buyer dalam jaringan bisnis.

“Peternak sapi perah misalnya dibantu agar hasil susu lebih bagus, lalu tambah kalau ingin tambah sapi bisa dilakukan lewat pinjaman,” ujarnya. 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.