Kompas.com - 31/03/2017, 19:30 WIB
Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM Puspayoga saat meresmikan hari UMKM Online Nasional di Gedung Smesco, Jakarta, Jumat (31/03/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOMenteri Koperasi (Menkop) dan UKM Puspayoga saat meresmikan hari UMKM Online Nasional di Gedung Smesco, Jakarta, Jumat (31/03/2017).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menyebut saat ini terdapat 132.000 lebih penduduk Indonesia telah menggunakan akses internet sebagai sarana komunikasi.

Dengan itu, menurut Puspayoga, internet merupakan pasar yang potensial bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan hasil usahanya.

"Ini merupakan pasar yang sangat potensial untuk pelaku UMKM yang jumlahnya kurang lebih 59 juta," ujar Puspayoga saat meresmikan Hari UMKM Online Nasional di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Jumat (31/3/2017).

Puspayoga mengatakan, era teknologi mengharuskan pelaku UMKM merambah teknologi internet agar dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan daya saing UMKM.

Menurutnya, pemerintah pun siap hadir dalam rangka memfasilitasi UMKM masuk ke dalam dunia digitalisasi.

"Semoga pemerataan ekonomi digital ini bisa membangun Indonesia sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo, yakni menjadi bagian kekuatan digital di Asia," kata Puspayoga.

Kemenkop mencanangkan hari UMKM Online Nasional yang ditandai dengan gerakan 100.000 UMKM online atau UMKM Go Online di 30 kota seluruh Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gerakan tersebut merupakan kerja sama Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Nurbaya Initiatives yang akan berlangsung dari 31 Maret sampai dengan 2 April 2017.

Pemerintah menargetkan sebanyak 8 juta UMKM yang masuk pasar digital hingga 2020, dan diharapkan pada akhir 2018 sebanyak 2 juta UMKM sudah masuk pasar digital.

Adapun pendaftaran UMKM Go Online dapat dilakukan dengan mengisi formulir online di http://umkmonline.id.

Para pelaku UMKM nantinya juga akan mendapat domain (.id) dan hosting gratis untuk keperluan pemasaran produk via internet, dan produk UMKM yang telah terdaftar akan dipasarkan melalui situs belanja online seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Elevenia, Blanja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.