Kompas.com - 03/04/2017, 12:56 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang pesat menciptakan disrupsi bagi industri yang sudah terlebih dahulu hadir.

Meskipun demikian, ketimbang menjadikan perkembangan teknologi sebagai ancaman, tak ada salahnya industri yang sudah ada bekerja sama dengan pelaku baru berbasis teknologi.

Perkembangan teknologi yang lekat dalam kehidupan sehari-hari antara lain bermunculannya moda transportasi berbasis online, hingga layanan keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech).

Meski sempat terjadi gesekan, namun kini sudah banyak kerja sama yang dijalin antara industri eksisting dengan yang berbasis teknologi.

Kerja sama teranyar yang ramai diberitakan adalah kolaborasi antara penyedia transportasi taksi Blue Bird dengan penyedia transportasi berbasis online Go-Jek.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad berharap, kerja sama antara raksasa transportasi itu bisa menjadi inspirasi bagi industri keuangan.

Menurut Muliaman, pelaku jasa keuangan yang memiliki kapasitas besar maka bisa menghadirkan fintech dalam jajaran layanannya kepada masyarakat. Akan tetapi, bagi yang kapasitasnya kurang besar, maka kolaborasi bisa menjadi solusi.

"Kerja sama Go-Jek dengan Blue Bird saya kira itu bisa beri inspirasi. Yang punya kapasitas fintech itu bisa, tapi yang kecil itu kerja sama perlu dibangun," ungkap Muliaman pada acara Indonesia Change Management Forum (ICMF) di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Muliaman mengungkapkan, terkait perubahan yang amat cepat di industri keuangan, kondisi ini bukan hanya perlu diantisipasi oleh pelaku, namun juga pemerintah dan regulator. Menurut dia, segala perubahan itu bisa saja menimbulkan implikasi sistemik.

"Ini perubahan yang akan pengaruhi bisnis kita. Kalau kita tidak mampu, kita akan lewat. Bagi kami di di industri keuangan tidak bisa lewat begitu saja karena ada implikasi sistemtik dan sebagainya. Maka ini perlu jadi perhatian," ungkap Muliaman.

(Baca: Taksi BlueBird Gandeng GO-JEK luncurkan GO-BLUEBIRD)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.