Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Industri Keuangan Syariah, OJK Luncurkan SIKOMPAK Syariah

Kompas.com - 03/04/2017, 17:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan forum CEO SIKOMPAK (Sinergi Komunikasi, Pemasaran, dan Pengembangan Keuangan) Syariah untuk mendukung pertumbuhan industri jasa keuangan syariah di Tanah Air.

"Pembentukan forum ini dilatarbelakangi perlunya peningkatan awareness dan kerjasama dalam rangka pengembangan keuangan syariah dan koordinasi dengan pelaku industri untuk mendukung pertumbuhan industri jasa keuangan syariah di Indonesia," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Muliaman menjelaskan, per akhir Januari 2017 total aset perbankan syariah baru mencapai 5,18 persen. Adapun pangsa pasar sukuk korporasi dan reksa dana syariah baru mencapai 3,83 persen dan 4,43 persen.

Sementara itu, per akhir Desember 2016, pangsa pasar asuransi syariah dan lembaga pembiayaan syariah masing-masing baru mencapai 3,44 persen dan 7,24 persen. Untuk itu, imbuh Muliaman, perlu ada strategi baru dalam rangka meningkatkan pangsa pasar tersebut.

Forum itu beranggotakan seluruh CEO dari industri jasa keuangan syariah. Adapun forum tersebut bertujuan untuk membangun komitmen industri dalam meningkatkan pangsa pasar keuangan syariah dan mempermudah komunikasi dua arah antara OJK dengan pelaku industri jasa keuangan syariah.

"Dengan adanya Forum CEO SIKOMPAK Syariah diharapkan dapat meningkatkan market share seluruh sektor jasa keuangan syariah," ungkap Muliaman.

Adapun program kerja dari Forum ini antara lain Sinergi Edukasi, Promosi, dan Pemasaran serta sinergi Pengembangan sumber daya manusia. Forum tersebut juga akan memperkuat Sinergi Pengembangan Produk dan Jasa serta Sinergi Pengembangan Kebijakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com