Genjot Industri Keuangan Syariah, OJK Luncurkan SIKOMPAK Syariah

Kompas.com - 03/04/2017, 17:29 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad dalam acara Indonesia Change Management Forum (ICMF) di Jakarta, Senin (3/4/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANKetua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad dalam acara Indonesia Change Management Forum (ICMF) di Jakarta, Senin (3/4/2017).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan forum CEO SIKOMPAK (Sinergi Komunikasi, Pemasaran, dan Pengembangan Keuangan) Syariah untuk mendukung pertumbuhan industri jasa keuangan syariah di Tanah Air.

"Pembentukan forum ini dilatarbelakangi perlunya peningkatan awareness dan kerjasama dalam rangka pengembangan keuangan syariah dan koordinasi dengan pelaku industri untuk mendukung pertumbuhan industri jasa keuangan syariah di Indonesia," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Muliaman menjelaskan, per akhir Januari 2017 total aset perbankan syariah baru mencapai 5,18 persen. Adapun pangsa pasar sukuk korporasi dan reksa dana syariah baru mencapai 3,83 persen dan 4,43 persen.

Sementara itu, per akhir Desember 2016, pangsa pasar asuransi syariah dan lembaga pembiayaan syariah masing-masing baru mencapai 3,44 persen dan 7,24 persen. Untuk itu, imbuh Muliaman, perlu ada strategi baru dalam rangka meningkatkan pangsa pasar tersebut.

Forum itu beranggotakan seluruh CEO dari industri jasa keuangan syariah. Adapun forum tersebut bertujuan untuk membangun komitmen industri dalam meningkatkan pangsa pasar keuangan syariah dan mempermudah komunikasi dua arah antara OJK dengan pelaku industri jasa keuangan syariah.

"Dengan adanya Forum CEO SIKOMPAK Syariah diharapkan dapat meningkatkan market share seluruh sektor jasa keuangan syariah," ungkap Muliaman.

Adapun program kerja dari Forum ini antara lain Sinergi Edukasi, Promosi, dan Pemasaran serta sinergi Pengembangan sumber daya manusia. Forum tersebut juga akan memperkuat Sinergi Pengembangan Produk dan Jasa serta Sinergi Pengembangan Kebijakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.