Kompas.com - 03/04/2017, 18:55 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan beberapa catatan kepada manajamen maskapai penerbangan Lion Air terkait dengan sejumlah insiden yang terjadi pada maskapai Lion Air.

Nantinya, catatan Kemenhub akan menjadi dasar perbaikan kinerja dari manajemen maskapai Lion Air.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso menerangkan, catatan pertama mengenai ketersediaan pilot dan co-pilot (air crew) dalam satu penerbangan.

Menurut dia, minimal dalam satu pesawat harus tersedia 3,5 set. Artinya, dalam satu pesawat harus ada tujuh air crew. Bisa saja nantinya disediakan tiga pilot dan empat co-pilot.

"Komitmen ini kami minta kepada Lion Air karena adanya delay dengan alasan pergantian crew. Makanya kami minta crew ini perlu diatur dengan bagus. Dan 1:3,5 crew itu minimum kami mengharapkan lebih," ujar Agus di Kantor Kemenhub Jakarta, Senin (3/4/2017).

Kemudian, Kemenhub juga meminta kepada manajemen Lion Air untuk menyiapkan pesawat cadangan. Ini diperlukan sebagai pengganti jika pesawat utama bermasalah.

Selanjutnya, Lion Air harus membuat jadwal rotasi kerja awak pesawat dengan teratur. Hal ini agar semua awak kabin bekerja sesuai dengan jam kerja yang ditentukan.

"Lion Air harus meningkatkan jadwal dari rotasi jam kerja air crew. Batas maksimum kerja sekian jam  dan tidak melampaui jam kerjanya. Jangan sampai ada delay ataupun penumpang sudah masuk tetapi crewnya belom ada," kata dia.

Dirinya berharap, catatan dari Kemenhub bisa dipelajari dan dilaksanakan perbaikan oleh Lion Air. Perbaikan, kata dia, semata-mata untuk mengedepankan keselamatan dalam penerbangan.

"Yang penting safety, safety, safety dijalankan. Kasus ini mengharapkan Lion Air ada perbaikan," tandasnya.

Halaman:



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.