Kompas.com - 03/04/2017, 19:06 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Lion Air meminta maaf kepada semua penumpang terkait sejumlah insiden yang terjadi pada akhir bulan Maret ini.

Lion Air berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan, sehingga tidak terjadi di kemudian hari.

"Banyak hal yang akan kami diskusikan dan menjadi catatan kami untuk melakukan improvement," ujar Managing Director Lion Group Daniel Putut Kuncoro Adi di Kantor Kemenhub Jakarta, Senin (3/4/2017).

Daniel mengungkapkan, sebelum melakukan perbaikan maskapai bakal melakukan investagasi mengenai keselamatan.

"Kami akan lakukan investigasi internal terhadap savety dan security. Paling penting jangan sampai safety terganggu," tutur dia.

Menurut Daniel, komitmen perbaikan pasti akan dijalankan oleh manajemen maskapai. Sebab, kata dia, Lion Air telah mendapatkan sertifikat IATA Operational Safety Audit (IOSA) yang mana dalam hal ini maskapai telah memenuhi keselamatan internasional.

"Kami juga sudah lulus dari iosa lion air. Dan banyak hal yang terkait standar rekomendasi praktis, kami dimonitor secara konsisten selama satu tahun. Kami komitmen terhadap standar keselamatan penerbangan," tandasnya.

Sebelumnya, Kemenhub memberikan masa waktu dua bulan kepada maskapai Lion Air untuk memperbaiki kinerja terkait insiden yang terjadi akhir-akhir ini. Hal ini diputuskan, setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan manajemen pihak manajemen Lion Air di Kantor Kemenhub Jakarta, Senin (3/4/2017).

Adapun insiden tersebut antara lain, penumpang Lion Air rute Singapura-Jakarta ditransfer ke Johor Bahru di Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.