Cerita Andy Noya Batal Keluarkan Duit karena BPJS Kesehatan

Kompas.com - 03/04/2017, 20:18 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Andy Flores Noya, seorang wartawan dan presenter televisi, pernah batal mengeluarkan uang Rp 8 juta untuk membayar biaya kesehatan.

Biaya kesehatan itu bukan untuk keluarganya, melainkan untuk salah seorang tenaga pendidik di yayasan miliknya bersama sang istri, Retno Palupi Noya.

Singkat cerita, tenaga pendidik tersebut tengah hamil dan mengalami kehamilan sungsang. Betapa paniknya si tenaga pendidik tersebut, kata Andy, memikirkan biaya persalinan yang diperkirakan menelan Rp 8 juta.

Si tenaga pendidik tadi bersuamikan seorang penjaga keamanan di komplek tempat Andy dan keluarga tinggal.

"Kemudian dia ke istri saya, (bilang) boleh nggak pinjam Rp 8 juta. Saya bilang ke istri, ya kasih saja karena kita memang menyisihkan uang," kata Andy dalam Bincang-bincang BPJS Kesehatan, di Tangerang, Banten, Senin (3/4/2017).

Beberapa hari berselang, Andy menanyakan rencana si tenaga pendidik tadi ke istrinya. Namun ternyata jawaban istrinya cukup mengejutkan.

"Istri saya bilang, enggak jadi, Ternyata dia punya kartu BPJS Kesehatan, dan di-cover semuanya," ucap pria kelahiran 1960 itu.

Dari pengalaman pribadinya itu, Andy sangat yakin banyak manfaat kepesertaan BPJS Kesehatan.

Ia berharap orang yang mendaftar BPJS Kesehatan bukan lagi karena hal itu merupakan kewajiban undang-undang saja, tetapi karena betul-betul mengerti manfaatnya. "Ternyata melalui BPJS Kesehatan, kita bisa menolong orang yang membutuhkan," kata Andy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.