Pemerintah Targetkan Divestasi Saham Freeport Rampung Sebelum 2021

Kompas.com - 06/04/2017, 17:33 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  mengunjungi Pondok Pesantren As-Tsaqafah, Jakarta, Kamis (6/4/2017) KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Pondok Pesantren As-Tsaqafah, Jakarta, Kamis (6/4/2017)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah meyakini proses pelepasan atau divestasi Saham PT Freeport Indonesia rampung sebelum 2021. Hal tersebut dinyatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandajaitan saat ditemui di Pondok Pesantren As-Tsaqafah Jakarta, Kamis (6/4/2017).

"Sebelum itu (tahun 2021) kita harapkan bisa," ujar Luhut. Luhut pun menyebutkan, Freeport Indonesia telah menyetujui perubahan status kontrak dari Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Dengan menjadi IUPK, Freeport Indonesia telah dapat melakukan ekspor konsentrat. Namun, IUPK tersebut hanya berlaku selama delapan bulan ke depan.

"Iya saya lihat begitu (Freeport setuju). Yah bagaimana nggak setuju, itukan milik bangsa Indonesia," kata dia.

Meski demikian, terang Luhut, pihaknya akan terus melakukan diskusi dengan Freeport terkait dengan permasalahan ini. "Kan sudah saya bilang berkali kali mau melakukan diskusi dengan baik-baik, nggak usah ribut-ribut," tandasnya.

Permasalahan antara pemerintah dengan Freeport sampai saat ini belum kunjung usai. Dalam delapan bulan tersebut pemerintah dengan Freeport Indonesia juga akan mendiskusikan ketentuan divestasi, kepastian pembangunan smelter, hingga perpanjangan operasi pasca kontrak habis di tahun 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.