Kompas.com - 06/04/2017, 19:57 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiatuti mengaku langkahnya menjaga perairan Indonesia dari kegiatan illegal fishing mulai ditiru oleh negara-negara tetangga.

"Beberapa negara belakangan ini melakukan policy moratorium penangkapan ikan sangat keras, China, Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja akan mengikuti Indonesia untuk membuat Satgas 115," kata Susi di kediaman dinasnya, Kamis (6/4/2017).

Maka dari itu, menteri yang terkenal dengan gayanya yang nyentrik ini mulai melakukan evaluasi terhadap Satgas 115 untuk semakin memperkuat pertahanannya di perairan tanah air.

Mengingat upaya negara tetangga yang menerapkan moratorium penangkapan ikan, dikhawatirkan para nelayan dari negara-negara tersebut mencari ikan ke perairan Indonesia.

"Saya lihat disini, China Thailand mereka mengetatkan wilayah laut mereka untuk tidak boleh ditangkap. Tetapi, kalau di laut mereka tidak boleh tangkap, lalu apa mereka boleh ke laut kita? Ya tentu tidak boleh," ucap Susi.

Menurut Susi, saat ini adalah waktunya nelayan atau masyarakat sekitar untuk menikmati hasil lautnya tanpa adanya gangguan ilegal fishing yang dilakukan kapal-kapal berbendera asing.

"Kita sudah duluan, dan kita tinggal menikmati panen ikan. Ada bagusnya bahwa Indonesia telah mengawali dari pada policy-policy yang sangat membantu pada hari ini mengembalikan recovery jumlah ikan yang ada di perairan Indonesia," tutur Susi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.