Kisah Susi yang Gagalkan Masuknya Kapal China Bawa Jaring Sepanjang 399 KM

Kompas.com - 06/04/2017, 22:42 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengungkapkan pihaknya pernah menggagalkan datangnya 1.000 kapal tangkap ikan asal China.

Dari 1.000 kapal tersebut, satu kapal memiliki jaring tangkap ikan sepanjang 399 Kilometer (KM).

"Bayangkan, jika 1.000 kapal super purse seine rata-ratanya mulai dari 800 sampai 1.000 GT lebih dengan jaringnya yang mungkin seperti Viking, ngeri. Jakarta Semarang satu kapal, nyamuk pun akan terangkat semua sama dia," kata Susi di rumah dinasnya kawasan Widya Chandra, Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Menurut Susi, serbuan kapal-kapal tersebut sama sekali tidak memberi manfaat bagi kelangsungan sumber daya perikanan yang ada di perairan Tanah Air.

"Apa keuntungannya untuk memiliki super purse seine di sini? Hanya menghabiskan sumber daya kita," ucap Susi.

Susi mengkhawatirkan, jika kapal-kapal asal China tersebut datang ke Indonesia, kelangsungan perikanan Indonesia nantinya hanya tinggal kenangan dan tidak ada lagi yang ikan yang bisa dimanfaatkan bagi generasi penerus.

"Bukan itu yang ingin kita tuju, kita ingin perikanan kita tumbuh tetapi berkelanjutan," papar Susi.

Dengan aksinya tersebut, Susi pernah "diserang" sejumlah anggota DPR yang kala itu mendukung rencana China berinvestasi dengan mendatangkan kapal-kapal dengan jaring sepanjang 399 Km tersebut.

"Ada banyak orang yang tidak suka, contohnya anggota dewan, dia dulu di dalam sidang DPR menyalahkan saya karena menggagalkan kerjasama Superpurse seine yang akan datang 1.000 biji dari China," ucap Susi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.