Kompas.com - 07/04/2017, 15:24 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih ingat program Bantuan Lansung Tunai (BLT)? Kini konsep bantuan untuk menyokong daya beli masyakarat tidak mampu itu akan kembali dipakai.

Hanya saja, pemerintah akan membuat program itu tampil lebih "modern". Bila dulu BLT, kini menjadi bantuan uang non-tunai. Program itu dikeluarkan untuk menggantikan program pembagian Beras untuk Keluarga Sejahtera (Rastra).

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, masyakarat miskin penerima bantuan akan diberikan kartu yang berisi uang elektronik atau e-money.

"Mereka boleh beli apa saja. Kalau tadinya hanya beras, ke depan ya akan dibuka untuk beli telur, minyak goreng. Tapi tidak bisa beli di luar itu," ujarnya di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Jumat (7/4/2017).

Menurut Darmin, uji coba program bantuan uang non-tunai sudah mulai dilakukan. Namun di sisi lain program Rastra juga masih diberlakukan.

Berdasarkan rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, pemerintah Ingin mempercepat program bantuan uang non-tunai itu. Bila tidak, dikhawatirkan program tesebut terus berbenturan dengan program Rastra.

Namun Darmin belum bisa menjelaskan lebih lanjut kelanjutan program bantuan uang non-tunai itu. Sebab pembahasan di rapat koordinasi belum rampung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.