Kemenperin Gelar Pameran Produk Telematika Karya Anak Bangsa

Kompas.com - 11/04/2017, 17:46 WIB
Menperin Airlangga Hartarto Dok KemenperinMenperin Airlangga Hartarto
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendorong kesadaran masyarakat menggunakan produk dalam negeri, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar pameran produk industri telematika 2017.

Pameran tersebut mengusung tema "Bangga Menggunakan Produk Industri Dalam Negeri" dan dilaksanakan di Plasa Pameran Industri, Kemenperin mulai dari 11 April hingga 13 April 2017.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, pameran industri telematika merupakan kerja sama antara pemerintah dengan dunia usaha dalam meningkatkan promosi dan kemampuan industri telematika nasional.

"Kita patut bangga dengan kemampuan produk-produk nasional dalam menembus pasar baru yang selama ini didominasi oleh produk-produk dari negara maju yang sangat kuat citra dan mutu teknologinya," ujar Airlangga di Plasa Pameran Industri, Kemenperin, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Menurutnya, saat ini telah ada peningkatan popularitas produk nasional di mata konsumen dalam negeri dan juga konsumen Internasional.

"Itu dibuktikan dengan adanya permintaan beberapa negara untuk melakukan kerja sama jual beli dengan produsen elektronik dan telematika di Indonesia," ungkapnya.

Adapun produk-produk nasional yang mendominasi kerja sama jual beli dengan pasar international khususnya di Afrika antara Iain peralatan rumah tangga seperti pendingin udara (AC), Iemari es, mesin cuci, televisi dan peralatan audio.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Produk-produk nasional ini didistribusikan di negara-negara Afrika seperti di Kamerun, Nigeria, Senegal, dan Pantai Gading," jelasnya.

Namun, Menperin tak menjelaskan lebih lanjut terkait berapa besaran nominal atau perputaran uang dalam kerja sama jual beli produk telematika nasional dengan negara lain tersebut.

"Dengan pameran ini diharapkan pelaku industri, tenaga ahli profesional, dan semua pihak dapat membangun jaringan bisnis dan kemitraan strategis untuk menghasilkan produk berkualitas baik untuk domestik maupun pasar ekspor," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.