Arif Wibowo Dicopot dari Jabatan Dirut Garuda Indonesia?

Kompas.com - 12/04/2017, 14:46 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) pada sore hari ini akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Auditorium Garuda City Center, Kantor Pusat Garuda Indonesia, kawasan perkantoran Bandar Udara Soekarno-Hatta Cengkareng.

Salah satu agenda RUPS yang akan dilakukan oleh perusahaan pelat merah jasa penerbangan ini diantaranya perombakan jajaran direksi.

Terkait hal tersebut, beredar kabar dari kalangan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bahwa Direktur Utama Garuda Indonesia yakni Arif Wibowo akan dicopot dari jabatannya dan digantikan oleh Direktur Keuangan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yakni Pahala N Mansury.

KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Arif Wibowo (tengah) memberikan keterangan pers usai menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) PT Garuda Indonesia Persero Tbk di Gedung Garuda City Center, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (12/4/2017). Pada RUPS hari ini, posisi Arif sebagai direktur utama resmi digantikan oleh Pahala Nugraha Mansury, mantan direktur keuangan Bank Mandiri.
Tentunya kabar ini mengejutkan sebab Arif Wibowo belum ada satu periode menjabat sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia. Di sisi lain, Pahala Mansury berlatar belakang sebagai bankir.

Kompas.com mencoba menelusuri kebenaran kabar tersebut serta alasan pencopotan Arif Wibowo. Sayangnya, sejumlah petinggi Kementerian BUMN belum berhasil dihubungi.

Misalnya saja ke Sekretaris Menteri BUMN Imam A Putro, ke Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo, serta ke Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Hari Sampurno.

KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pahala Nugraha Mansury, mantan direktur keuangan Bank Mandiri, memberikan keterangan pers usai menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) PT Garuda Indonesia Persero Tbk di Gedung Garuda City Center, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (12/4/2017). Pada RUPS hari ini Pahala Nugraha Mansury menggantikan posisi Arif Wibowo selaku direktur utama PT Garuda Indonesia.
Kompas.com juga mengonfirmasi kabar ini ke Pahala Mansury. Namun, ketika dikonfirmasi, Pahala hanya menyebutkan bahwa dirinya saat ini sedang melakukan rapat.

Pahala belum membenarkan terkait isu pengangkatannya sebagai Dirut Garuda. "Sebentar ya, saya lagi rapat ini," kata Pahala saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/2/2017).

Sekadar informasi, Arif Wibowo menjabat Dirut Garuda Indonesia sejak 12 Desember 2014 menggantikan Emirsyah Satar yang mengundurkan diri pada 8 Desember 2014.

Artinya, jika Arif Wibowo dicopot dari jabatannya, maka Arif belum genap satu periode menjabat sebagai Dirut Garuda Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.