Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimpin Garuda, Pahala Mansury Fokus Efisiensi, Rute, dan Integrasi

Kompas.com - 12/04/2017, 21:21 WIB
Estu Suryowati

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Pahala N Mansury ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar hari ini Rabu (12/4/2017) di Cengkareng, Tangerang. Pahala menggantikan Arif Wibowo.

Pahala, yang sebelumnya menjadi bankir bank pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) itu mengaku belum ada pembicaraan khusus ataupun arahan detil dari pemegang saham tentang apa yang menjadi target ke depan.

Namun demikian, Pahala melihat setidaknya ada beberapa hal yang akan dibenahi dalam jangka pendek (3-6 bulan), menengah (satu tahun), dan jangka panjang (1-5 tahun).

"Program nanti akan kami sampaikan, tetapi fokus efisiensi biaya, review fleet dan rute, serta integrasi Garuda Indonesia dan Citilink," ungkap Pahala.

Menurut Pahala, bisnis penerbangan memiliki kompetisi yang sangat ketat. Sehingga fokus meningkatkan profitabilitas menjadi hal utama yang akan dilakukannya bersama tim.

Dia menambahkan, salah satu upaya untuk meningkatkan profitabilitas itu adalah dengan menekan biaya. "Di-review biayanya, bahan bakar, perawatan," ucap Pahala.

Di sisi lain, ia dan tim ke depan akan mengkaji rute-rute mana yang menguntungkan, dan mana yang tidak, baik domestik maupun mancanegara khususnya di kawasan.

Sementara itu, mengenai integrasi antara Garuda Indonesia dan Citilink, Pahala menuturkan akan melihat dari semua aspek seperti pricing maupun rute.

"Memastikan adanya sinergi Garuda-Citilink dan BUMN lain. Tetapi utamanya Garuda dan Citilink. Itu arahan dari pemegang saham," ucap Pahala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com