Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsigma Rilis Solusi Data Center Baru di Mei

Kompas.com - 14/04/2017, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma), perusahaan data center anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom, berencana untuk merilis solusi data center baru di bulan depan, atau di Mei.

Rilis produk baru ini disesuaikan dengan perkembangan industri yang semakin membutuhkan layanan data center.

Di sisi lain, Telkomsigma menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia yang saat ini mampu untuk menyediakan kapasitas yang dibutuhkan oleh pelaku industri.

Direktur Business Data Center & Managed Services Telkomsigma, Andreuw Th.A.F dalam paparannya saat menjadi pembicara di event berskala internasional Data Center Dynamics Converged 2017 di Jakarta beberapa waktu lalu memaparkan perlunya Telkomsigma sebagai perusahaan untuk terus memperkenalkan solusi baru.

Menurut dia, solusi tersebut harus mendukung semua perusahaan pengguna untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi (TI) dan mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya.

Salah satu solusi yang akan diluncurkan pada Mei yang akan datang yaitu StarCloud. Solusi data center ini menganut konsep self-service sebab dipasarkan melalui platform e-commerce berbasis website.

 

Dengan cara pemasaran tersebut, perusahaan UKM dapat memilih sendiri layanan yang dibutuhkan. Misal layanan IT Development, Hosting, Backup Services dan layanan berbasis komputasi awan lain.

Menurut Andreuw, Telkomsigma saat ini telah dipercaya menangani lebih dari 500 klien dari berbagai sektor industri. Persentase klien terbesar yakni dari sektor perbankan dan keuangan yang mencapai 54 persen. Sementara sisanya, dari berbagai sektor industri termasuk instansi pemerintah.

"Kami berkomitmen dengan service culture yang kami bangun untuk selalu berinovasi untuk tumbuh bersama klien dan partner kami,” ujar Andreuw Th.A.F melalui rilis, Jumat (14/4/2017).

Hingga akhir tahun, Telkomsigma berencana untuk menyediakan kapasitas data center sebesar 200.000 meter persegi yang tersebar di seluruh Indonesia. Data center Telkomsigma mulai dari spesifikasi teknis Tier II sampai dengan tier IV.

Andreuw menegaskan, Telkomsigma ingin menjadi diperhitungkan di tingkat global, guna mewujudkan visi sebagai "To be a HOME of IT Leader in Indonesia".

“Kami siap untuk terus melakukan improvement & development juga collaboration dengan strategic partners untuk menjaga kepercayaan dan memberikan layanan yang terbaik kepada seluruh klien kami dan bagi industri di Indonesia,” tutup Andreuw.

Pasar Data Center

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebelumnya mengatakan bahwa kebutuhan data center di Indonesia saat ini didominasi layanan perbankan yang membutuhkan fasilitas penyimpanan, pengolahan dan keamanan data, serta pemanfatan e-commerce oleh perusahaan-perusahaan kecil.

Pada 2016 pasar data center Indonesia diprediksi mencapai 300 juta dollar AS. Pendorongnya yakni bertumbuhnya developer aplikasi di Indonesia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com