Harga Minyak Tergelincir 4 Persen Dekati Level 50 Dollar AS

Kompas.com - 20/04/2017, 07:53 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak Amerika Serikat (AS) turun hampir 4 persen ke sesi rendah 50,28 dollar AS per barel, pada perdagangan Rabu (19/4/2017), dan menjadi penurunan harian terbesar sejak Maret. Penurunan tersebut dikarenakan persediaan yang menurun lebih kecil dari yang diperkirakan.

Dikutip dari CNBC pada Kamis (20/4/2017) minyak mentah AS atau West Texas Intermediate (WTI) berjangka ditutup 3,76 persen lebih rendah dari perdagangan sebelumnya 50,44 dollar AS per barel menjadi 50,28 dollar AS per barel.

Sementara minyak mentah Brent berjangka turun hampir 2,3 dollar AS menjadi 52,70 dollar AS per barel. Administrasi Informasi Energi AS (EIA) melaporkan pada Rabu, stok minyak mentah AS turun 1 juta barel pada pekan ini, lebih rendah dari yang diharapkan. Kejutan ini mendorong harga minyak lebih rendah.

"Penarikan minyak mentah tersebut tidak sebesar seperti yang diharapkan. Ada juga lompatan besar dalam kapasitas kilang didorong menjelang puncak musim panas. Ini membebani laporan (EIA)," kata mitra pendiri Again Capital, John Kilduff.

Harga minyak mentah AS untuk pengiriman Mei akan berakhir Kamis, dan menurut Gene McGillian dari Tradition Energy para pedagang sedang membuang kontrak minyak mereka jelang hal itu berakhir.

Di sisi lain, waktu OPEC untuk mengurangi kelebihan minyak global makin terbatas karena pasokan tetap tinggi di bagian dunia terutama AS.

"Ada banyak pembicaraan bahwa OPEC akan memperpanjang periode pemotongan produksi. Tetapi, kami melihat ada satu bulan penuh sebelum OPEC melakukan pembicaraan serius," kata Gillian.

Selama itu, kata dia, pasar mengalami masa-masa sulit untuk mempertahankan dirinya dari harga tertinggi tahun ini.

Persediaan minyak AS saat ini menyentuh 532,3 juta barel atau turun sekitar 3 juta barel dibandingkan Maret. Saham energi menyeret pasar saham turun lebih lanjut Rabu dengan SPDR energi ETF jatuh ke level terendah sejak November. 

(Baca: Penurunan Harga Minyak Tertahan Perbaikan Ekonomi China)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.