Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Tahan Suku Bunga Acuan di Posisi 4,75 Persen

Kompas.com - 20/04/2017, 18:24 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memutuskan tetap mempertahankan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 4,75 persen.

Bank sentral itu juga memutuskan untuk mempertahankan suku bunga deposit facility sebesar 4 persen. Adapun suku bunga lending facility juga dipertahankan pada posisi 5,50 persen.

“Berlaku efektif sejak 21 April 2017," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (20/4/2017).

BI meyakini keputusan itu mampu menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan di tengah pemulihan ekonomi domestik dan ketidakpastian pasar keuangan global.

Meski begitu BI masih melihat adanya tantangan dari sisi global yakni penurunan neraca bank sentral AS dan menghangatnya kondisi geopolitik beberapa kawasan di dunia.

Adapun tantangan di dalam negeri yang dinilai BI patut diwaspadai yakni dampak penyesuaian komponen administered prices atau harga yang diatur pemerintah terhadap inflasi.

"BI akan terus mengoptimalkan bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas makroekonomi," kata Tirta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com