Ridwan Kamil: Dengan Subsidi, DP KPR Bisa Nol Rupiah

Kompas.com - 21/04/2017, 11:55 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Walikota Bandung Ridwan Kamil ikut berkomentar terkait program uang muka atau Down Payment (DP) nol rupiah untuk kredit pemilikan rumah (KPR) yang ditawarkan calon terpilih Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Menurut Ridwan, program tersebut bisa dijalankan dengan rekayasa pembiayaan.  "Tidak ada yang tidak mungkin. Bagi saya rekayasa financing ini kayak teori balon, dipencet di sini, gelembung di sana," ujar Ridwan Kamil di Jakarta.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menjelaskan, rekayasa pembiayaan tersebut bisa saja dilakukan dengan konsekuensi cicilan kreditnya menjadi lebih besar.

Emil menambahkan, program DP nol rupiah bisa sukses jika Pemerintah Daerah (Pemda) mensubsidi masyarakat memiliki rumah. Jadi, Pemda dapat memberikan subsidi berupa uang untuk digunakan masyarakat membayar DP KPR.

Program DP nol rupiah merupakan salah satu janji kampanye dari pasangan calon gubernur DKI Jakarta Anies-Sandi. Selain itu, Anies-Sandi juga menjanjikan dapat menyediakan rumah seharga Rp 350 juta kepada warga DKI Jakarta. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.