Bank Bukopin Nilai Program DP Rumah Nol Rupiah Bisa Diterapkan

Kompas.com - 22/04/2017, 09:43 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Bukopin menilai program uang muka atau Down Payment (DP) nol rupiah untuk kredit pemilikan rumah (KPR) masih masuk akal. DP nol rupiah merupakan salah satu program yang dijanjikan Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan.

Direktur Retail Bank Bukopin Heri Purwanto mengatakan, dalam program ini, Pemerintah Daerah DKI Jakarta (Pemda) dapat membayarkan terlebih dahulu DP dari KPR yang diajukan masyarakat. Kemudian, DP tersebut dapat diangsur oleh masyarakat.

"Jadi, angsuran itu kan terdiri dari angsuran pokok dan bunga. Nah kalau program itu, nanti ditambah angsuran DP. Kalau dengan skema seperti itu masih masuk akal," ujar Heri Saat ditemui di Hotel Raffles Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Heri menuturkan, Pemda harus bekerja sama dengan perbankan jika ingin menjalankan program DP nol rupiah tersebut. "Yang kami harapkan dari perbankan bantuan DP itu tidak berbunga," kata dia.

Menurut Heri, program tersebut memungkinkan untuk dijalankan. Sebab, Pemda DKI Jakarta memiliki anggaran yang cukup untuk membiayai program DP nol rupiah.

"saya kira anggaran Pemda Jakarta besar. Ini subsidi dana murah saja, alokasi anggarannya memungkinkan, jadi sangat mungkin. Sehingga ini bukan janji yang tidak mungkin," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.