Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Bukopin Nilai Program DP Rumah Nol Rupiah Bisa Diterapkan

Kompas.com - 22/04/2017, 09:43 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Bukopin menilai program uang muka atau Down Payment (DP) nol rupiah untuk kredit pemilikan rumah (KPR) masih masuk akal. DP nol rupiah merupakan salah satu program yang dijanjikan Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan.

Direktur Retail Bank Bukopin Heri Purwanto mengatakan, dalam program ini, Pemerintah Daerah DKI Jakarta (Pemda) dapat membayarkan terlebih dahulu DP dari KPR yang diajukan masyarakat. Kemudian, DP tersebut dapat diangsur oleh masyarakat.

"Jadi, angsuran itu kan terdiri dari angsuran pokok dan bunga. Nah kalau program itu, nanti ditambah angsuran DP. Kalau dengan skema seperti itu masih masuk akal," ujar Heri Saat ditemui di Hotel Raffles Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Heri menuturkan, Pemda harus bekerja sama dengan perbankan jika ingin menjalankan program DP nol rupiah tersebut. "Yang kami harapkan dari perbankan bantuan DP itu tidak berbunga," kata dia.

Menurut Heri, program tersebut memungkinkan untuk dijalankan. Sebab, Pemda DKI Jakarta memiliki anggaran yang cukup untuk membiayai program DP nol rupiah.

"saya kira anggaran Pemda Jakarta besar. Ini subsidi dana murah saja, alokasi anggarannya memungkinkan, jadi sangat mungkin. Sehingga ini bukan janji yang tidak mungkin," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com