Kompas.com - 25/04/2017, 20:40 WIB
Kapal raksasa Otella berkapasitas 8.238 TEUs, yang dioperasikan maskapai pelayaran asal Perancis CMA-CGM, sandar di dermaga JICT, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (23/4/2017). Kapal ini akan berangkat besok, dengan rute Jakarta-Los Angeles. KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIKapal raksasa Otella berkapasitas 8.238 TEUs, yang dioperasikan maskapai pelayaran asal Perancis CMA-CGM, sandar di dermaga JICT, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (23/4/2017). Kapal ini akan berangkat besok, dengan rute Jakarta-Los Angeles.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta International Container Terminal (JICT) sukses melayani kapal terbesar yang pernah berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok. Kapal besar tersebut milik perusahaan pelayaran Perancis, Compagnie Maritime d'Affretement-Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM).

"Kapal-kapal CMA-CGM ini dilayani dengan kecepatan dan produktivitas yang sangat handal. Mereka yang terbesar sepanjang sejarah Priok berdiri," ujar Direktur Utama JICT, Gunta Prabawa, dalam keterangannya, Selasa (25/4/2017).

Gunta menuturkan, berlabuhnya kapal besar tersebut menandakan era baru kapal-kapal yang akan singgah di Priok. Sehingga, hal ini juga membuktikan kesiapan JICT dalam menyediakan layanan pelabuhan kelas dunia.

"JICT bersama stakeholders pelabuhan melakukan tugasnya dengan baik sehingga perusahaan pelayaran global mempercayakan kapalnya dilayani di sini. Sudah pasti respons terminal untuk memberikan yang terbaik," imbuh Gunta.

Gunta menambahkan, Kapal besar tersebut bernama CMA-CGM Otello yang memiliki panjang 334 meter dan melakukan bongkar muat petikemas sebanyak 1.551 TEUs.

CMA-CGM juga, kata dia, telah sepakat menjalin kerjasama dengan PT JICT dengan membuka layanan baru, yakni dengan nama Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services/ JAX Services.

"Service dengan jadwal satu kali setiap minggu ini akan melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (LA & Oakland) Amerika Serikat. Layanan perdana JAX Services dilakukan pada 9 April 2017 dengan kapal CMA-CGM Titus. Harapan kami eksportir dan importir di tanah air dapat mengoptimalkan layanan ini," pungkas Gunta.

Sebelumnya, dua kapal berukuran besar lainnya yakni CMA CGM Titus dan Tancredi juga sukses dilayani dengan produktivitas pelabuhan yang prima di JICT, yakni 27-30 Mph (gerakan per jam).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.