Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor UMN: Mahasiswa Harus Bercita-cita Jadi Wirausaha

Kompas.com - 26/04/2017, 14:07 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com -  Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Ninok Laksono menyarankan mahasiswa tidak mencari lowongan kerja setelah lulus sarjana, tetapi berinisiatif membangun usaha sendiri. 

Sebab, kata dia, menjadi wirausaha lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan juga masyarakat luas. 

"Dulu kita bangga setelah wisuda, 90 persennya dapat pekerjaan. Bekerja bagus tetapi sebagai pengalaman saja. Cita-cita lebih bagus dan bermanfaat ya jadi wirausaha," ujar Ninok saat acara UMN Startup Conference 2017 yang diselenggarakan Skystar Ventures di Kampus UMN Serpong, Tangerang, Rabu (26/4/2017). 

Menurut Ninok, dengan berwirausaha, maka seseorang juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Ninok menambahkan, salah satu usaha yang dapat bisa diciptakan lulusan sarjana adalah membuat perusahaan rintisan atau startup. Namun, kata dia, membuat startup perlu inovasi dan menggunakan teknologi yang tinggi, sehingga dapat bersaing dengan startup dari negara lain. 

"Jadi membuat startup itu jangan hanya punya saja, tetapi harus terus berinovasi dan menggunakan teknologi. Ini adalah tahap yang paling canggih. Dan kita harapkan adanya terobosan dari startup yang sudah ada," tandasnya. 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah wirausaha Indonesia sebanyak 7,9 juta atau 3,1 persen dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 252 juta orang.

Jumlah wirausaha tersebut masih kecil dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia yang sebesar 5 persen dari penduduknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com