Kompas.com - 26/04/2017, 16:06 WIB
Menperin Airlangga Hartarto saat acara Indonesia Summit 2017 di Hotel Shangrila Jakarta, Kamis (20/4/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOMenperin Airlangga Hartarto saat acara Indonesia Summit 2017 di Hotel Shangrila Jakarta, Kamis (20/4/2017).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Modern Sevel Indonesia (MSI) selaku pengelola 7-Eleven harus melepas saham tempat nongkrong anak-anak muda itu kepada PT Charoen Pokphand.

Hal ini tidak terlepas dari terus meruginya waralaba tersebut. Meski begitu, bisnis waralaba diyakini masih akan cerah. Apalagi bisnis tersebut berkaitan dengan bisnis berbasis konsumsi dan industri makanan dan minuman.

"Industri berbasis konsumsi itu menarik di Indonesia karena konsumsi itu pertumbuhannya bagus," ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Bahkan tutur ia, bila mengacu kepada kondisi saat ini, sektor industri yang mampu tumbuh dan berkembang adalah bisnis yang berbasis konsumsi.

Airlangga menilai, goyahnya bisnis 7-Eleven lebih disebabkan strategi bisnis waralaba tersebut. Hal itu dinilai sebagai hal yang biasa di dalam bisnis.

"Iya itu strategi bisnis saja. (Sementara) Charoen Pokpand kan juga mempunyai jaringan yang kuat," kata Menperin.

PT Charoen Pokphand Tbk akhirnya mencaplok bisnis convenience store 7-Eleven dari PT Modern International Tbk (MDRN). Nilai akuisisi 7-Eleven tersebut mencapai Rp 1 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.