Kompas.com - 26/04/2017, 19:29 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan, investasi bisa berada dalam kondisi rawan apabila komitmen deregulasi pemerintah kendor. Selain itu, melemahnya momentum reformasi ekonomi juga dapat mempengaruhi investasi.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong menjelaskan, dalam empat hingga lima bulan terakhir pihaknya melihat lebih banyak regulasi ketimbang deregulasi. Hal ini terlihat dari banyaknya penerbitan peraturan menteri (permen) maupun regulasi baru.

"Ini perlu perhatian sedikit istimewa, apalagi kalau kita kejar target (investasi) luar biasa untuk tahun 2017 dan 2018," jelas Thomas dalam konferensi pers, Rabu (26/4/2017).

Thomas menyatakan, pemerintah harus segera mengembalikan momentum reformasi ekonomi dan semangat deregulasi. Menurut dia, pemerintah perlu mengingatkan diri sendiri bahwa deregulasi dan rasionalisasi peraturan serta perizinan adalah hal yang sangat penting.

Menurut Thomas, investasi yang diincar saat ini adalah yang bisa membuat industri Tanah Air naik kelas. Itu bisa terjadi jika industri di Indonesia terhubung dengan sistem-sistem produksi internasional.

"Untuk itu bisa terjadi, kita memerlukan arus barang dan jasa yang lancar dan sederhana, serta peraturan-peraturan yang sifatnya jangan memaksa," jelas Thomas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.