Kompas.com - 28/04/2017, 19:45 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com - Menjelang peringatan Hari Buruh atau "May Day" yang dihelat setiap 1 Mei, ribuan buruh di Bekasi, Jawa Barat, mengikuti acara "tak biasa", Jumat (28/4/2017). Berharap keberkahan hasil kerja, para buruh di sini melaksanakan khataman bersama.

"Kerja itu penting tapi keberkahan lebih penting, karena kehidupan kadang di atas kadang di bawah," kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri yang hadir dalam acara di Masjid Baitul Musthafa di Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat tersebut, seperti dalam siaran pers-nya.

Hanif pun menekankan pentingnya aspek spiritualitas dalam kehidupan, tak terkecuali bagi kalangan buruh. "Semoga dengan kegiatan seperti ini, kehidupan spiritual buruh bisa menjadi kuat, karakternya mantap, dan (karenanya buruh) bisa lebih produktif," harap dia.

Khataman merupakan kegiatan penanda berakhirnya pembacaan 30 juz Al Quran. Bersamanya, dipanjatkan pula doa bagi perubahan nasib buruh dan perbaikan kondisi bangsa.

Kegiatan para buruh ini merupakan bagian dari gerakan Nusantara Mengaji yang sudah bergulir selama setahun terakhir.

"Inisiatif ini insya Allah mencetak sejarah sebagai kegiatan perdana di dunia yang menyambut May Day dengan khataman Al Quran," ujar Koordinator Nasional Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid, dalam siaran pers-nya.

Jazilul menambahkan, penguatan aspek religiusitas diharapkan turut menjadi modal untuk peningkatan produktivitas dan profesionalitas para buruh.

Sementara itu, inisiator gerakan Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar, menyebut rangkaian khataman tersebut juga bagian dari ikhtiar membangun bangsa. "Terutama dalam menanamkan dan menguatkan aspek mental," sebut dia.

Menurut Muhaimin, kerja keras semata tak selalu dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Di sinilah, ujar dia, berharap berkah dengan mengetuk pintu langit menjadi langkah yang patut ditempuh.

Muhaimin pun lalu mengutip dalil dalam Al Quran yang mewajibkan usaha dan kerja keras sebaik-baiknya, untuk sesudah itu mengiringinya dengan bertawakal kepada Tuhan mengenai hasilnya.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.