Kuartal I 2017, Indofood Raup Penjualan Rp 17,83 Triliun

Kompas.com - 29/04/2017, 10:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) membukukan penjualan neto konsolidasi sebesar Rp 17,83 triliun pada kuartal I 2017. Angka tersebut meningkat 8 persen dibandingkan Rp 16,52 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

"Kelompok usaha strategis Produk Konsumen Bermerek, Bogasari, Agribisnis, dan Distribusi masing-masing memberikan kontribusi sekitar 50 persen, 21 persen, 22 persen, dan 7 persen terhadap total penjualan neto konsolidasi," kata Direktur Utama dan CEO INDF Anthoni Salim dalam pernyataan resmi, Sabtu (29/4/2017).

(Baca: Mi Instan Laris Manis, Laba Bersih Indofood 2016 Tumbuh 20 Persen)

Sementara itu, laba usaha tumbuh 37,7 persen menjadi Rp 2,59 triliun pada kuartal I 2017 dibandingkan Rp 1,88 triliun pada periode yang sama tahun 2016. Marjin laba usaha naik menjadi 14,5 persen.

Laba periode berjalan yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk tumbuh 11 persen menjadi Rp 1,20 triliun pada kuartal I 2017 dari Rp 1,09 triliun. Adapun marjin laba bersih naik menjadi 6,8 persen dari 6,6 persen.

Dengan tidak memperhatikan akun non-recurring dan selisih kurs, maka laba inti atau core profit yang mencerminkan kinerja operasional INDF tercatat sebesar Rp 1,9 triliun pada kuartal I 2017. Capaian ini tumbuh 17 persen dibandingkan Rp 1,01 triliun pada kuartal I 2016.

"Kami senang bahwa Indofood dapat mempercepat pertumbuhan penjualan dan core profit pada kuartal I tahun ini. Di tengah kondisi persaingan yang semakin ketat dan permintaan pasar yang melemah, Grup CBP berhasil melampaui pertumbuhan pasar kategori utama makanan dan minuman," ujar Anthoni.

Lebih lanjut, dirinya menyebut, kenaikan harga produk kelapa sawit dan pulihnya tingkat produksi CPO telah mendorong kinerja grup agribisnis perseroan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.