Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami "Consumer Behaviour" Sebagai Kunci Menuju Literasi Keuangan

Kompas.com - 04/05/2017, 09:54 WIB
Aprillia Ika

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Dengan berkembangnya teknologi maka keuntungannya yaki konsumer kini sangat mudah untuk membeli banyak produk secara online.

Hal ini membawa dampak pada lembaga keuangan untuk mengiringi kecepatan demand konsumer yang terus berkembang seiring perkembangan teknologi.

Hal itu dipaparkan oleh Ketua Dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad pada pidato pembukaannya di Seminar Internasional Changing Consumer Behaviour Through Financial Literacy, Financial Inclusion and Consumer Protection di Nusa Dua, Bali, Kamis (4/5/2017).

Menurut dia, kurangnya literasi keuangan akan membawa dampak pada consumer behaviour yang buruk. Hal ini membawa konsumen pada paparan kejahatan keuangan seperti investasi bodong, sebab mereka tidak terproteksi. Oleh sebab itu, perlu edukasi pada konsumen agar mereka bisa memilih lembaga dan jasa keuangan yang baik pula.

"Juga perlu regulasi yang baik untuk melindungi konsumen. Dengan memahami consumer behaviour maka akan jadi kunci bagi semua pihak untuk lebih dapat memproteksi mereka," kata Muliaman.

Lantas apa yang akan dilakukan agar literasi keuangan, inklusi keuangan serta proteksi konsumen dapat berlangsung dengan baik di industri keuangan?

Muliaman memaparkan, menurut OJK, harus ada beberapa hal yang dilakukan agar target literasi keuangan tersebut dapat dijalankan dengan baik. Pertama, kebijakan top down dari regulator harus disokong oleh semua lembaga keuangan.

Kedua, harus ada sinergi yang baik antara stakeholder untuk mendorong literasi keuangan konsumen. Ketiga, optimalisasi penggunaan teknologi keuangan atau financial technology (fintech) untuk menyampaikan program ke konsumen.

Keempat, memperbaiki infrastruktur untuk program literasi keuangan. Kelima, adanya pengawasan dari semua pihak agar program literasi keuangan berjalan baik. Keenam, adanya monitoring program agar program terus berjalan dengan baik.

"Penggunaan fintech akan menambahkan nilai ke ke akses keuangan dan meningkatkan independensi keuangan," kata dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com