Kompas.com - 07/05/2017, 18:12 WIB
|
EditorM Fajar Marta

YOKOHAMA, KOMPAS.com - Tiga negara besar Asia Timur, yakni Jepang, China, dan Korea Selatan sepakat untuk melawan segala jenis proteksionisme. Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan trilateral G20 di Yokohama, Jepang.

Ketiga negara sepakat mengambil langkah yang lebih berani dibandingkan sebagian besar negara-negara G20 lainnya terhadap kebijakan proteksionisme yang dilancarkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

"Kami sepakat bahwa perdagangan adalah salah satu mesin pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang paling penting, yang berkontribusi pada perbaikan produktivitas dan penciptaan lapangan kerja," kata menteri keuangan dan gubernur bank sentral ketiga negara dalam pernyataan resmi bersama seperti dikutip dari CNBC, Minggu (7/5/2017).

Ketiga negara menyatakan melawan segala jenis proteksionisme. Pernyataan ini sempat dihapus dalam kesepakatan G20 atas tekanan dari AS pada pertemuan di Jerman bulan Maret 2017 lalu. Trump pernah mengatakan bakal menarik AS dari seluruh perjanjian perdagangan multilateral.

Ketiga negara juga menyatakan bahwa negara-negara Asia diekspektasikan akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat. Hal ini didukung oleh perbaikan siklikal di sektor manufaktur dan perdagangan. Akan tetapi, ketiga negara juga memperingatkan masih ada risiko penurunan pertumbuhan.

Dengan demikian, para pengambil kebijakan diminta untuk menggunakan segala alat kebijakan yang diperlukan guna mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

"Kami akan melanjutkan komunikasi dan koordinasi di antara Jepang, China, dan Korea untuk menangani kemungkinan instabilitas finansial terkait konteks peningkatan ketidakpastian ekonomi global dan tekanan geopolitik," ujar perwakilan ketiga negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNBC


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.