Bank Mandiri Sudah Penuhi Permintaan OJK soal Mandiri Online

Kompas.com - 08/05/2017, 20:26 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menerima laporan dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terkait layanan Mandiri Online yang sempat mengalami kendala teknis. OJK juga telah meminta Bank Mandiri memperketat keamanan sistem.

"Dari pemantauan OJK, layanan sudah kembali normal dan bank sudah melaksanakan permintaan OJK terkait dengan keamanan sistem internet dan mobile banking-nya," kata Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK Anto Prabowo dalam pernyataan resminya, Senin (8/5/2017).

Anto menjelaskan, berdasarkan pantauan Departemen Perlindungan Konsumen OJK sejak akhir pekan lalu, bank telah melakukan klarifikasi untuk pengembalian kerugian nasabah.

Di sisi lain, OJK meminta masyarakat untuk waspada dengan modus social engineering yang mengaku pihak bank dengan atau tanpa imbalan hadiah agar konsumen menginfokan OTP (One Time Password) kepada orang yang mengaku dari bank.

"Bank manapun tidak akan pernah meminta informasi mengenai user-id atau password untuk kepentingan apapun. Jika ada yg memaksa dengan dalih apapun, tolak permintaan tersebut dan segera laporkan kepada call center bank terkait," tutur Anto.

Sebelumnya, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Irwan Lubis mengatakan, pihak Bank Mandiri sudah memberikan penjelasan kepada OJK. Berdasarkan penjelasannya, Bank Mandiri menyatakan telah melakukan soft launching program e-banking guna meningkatkan pelayanan kepada nasabah.

Sempat terdapat gangguan pada layanan Mandiri Online. Namun, pihak Bank Mandiri sudah memperbaiki firewall dan sistem keamanan pada layanan e-banking tersebut.

"OJK akan memonitor penerapan e-banking di Bank Mandiri dan sudah meminta manajemen bank untuk menjaga semua infrastruktur pelayanan kepada nasabah berjalan dengan baik dan aman," tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.