Industri "E-Commerce" Diharapkan Menjadi Solusi Pemerataan Ekonomi

Kompas.com - 09/05/2017, 16:01 WIB
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, dengan memanfaatkan perkembangan internet saat ini industri e-commerce diharapkan menjadi jalan untuk pemerataan ekonomi di Indonesia.

Menurutnya, para pelaku industri e-commerce Indonesia diharapkan dapat memanfaatkan potensi digital Indonesia yang saat ini terus bertumbuh.

Khususnya peningkatan pengguna internet yang menjadi peluang bagi berkembangnya industri e-commerce.

"Pemerintah saat ini sedang fokus membangun negara ini dengan tema pemeratan ekonomi di Indonesia. Semua negara yang tergabung dalam G 20 mengalami permasalahan gini rasio atau ketimpangangan," ujar Rudiantara saat acara Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE) 2017 di Indonesia Convention and Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan, Selasa (9/5/2017).

Menurutnya, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi digital pada 2020 mencapai 130 milliar dollar AS atau sekitar Rp 1.756 triliun dengan menumbuhkan 1.000 technopreneur.

Dari data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo, hingga akhir 2014 nilai bisnis industri e-commerce dalam negeri baru mencapai 12 miliar dollar AS.

"(Bisnis) ekonomi digital targetnya hingga tahun 2020 sebesar 130 miliar dollar AS," ungkapnya.

Rudiantara mengatakan, sebagai negara yang tengah berkembang Indonesia memiliki beberapa contoh kasus yang menjadi perhatian dunia dalam pertumbuhan industri digital yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

"Beruntung Indonesia banyak kasus yang bagus, contoh Go-Jek dengan ekonomi sharing, kemudian Tokopedia dengan fokus kepada UKM, saya berterima kasih kepada pelaku digital ekonomi Indonesia," tambahnya.

Menkominfo menegaskan, dengan pemanfaatan digital ekonomi, maka pemerataan ekonomi bisa dicapai, salah satunya pemberdayan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tersebar diberbagai lokasi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.