Staf Khusus Mendag Pantau Harga Bangan Pangan di Kota Kupang

Kompas.com - 09/05/2017, 20:00 WIB
Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional Dody Edward, saat melakukan pemantauan harga daging di Hypermart Bundaran PU Kota Kupang, Selasa (9/5/2017) Kompas. com/Sigiranus Marutho BereStaf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional Dody Edward, saat melakukan pemantauan harga daging di Hypermart Bundaran PU Kota Kupang, Selasa (9/5/2017)
|
EditorAprillia Ika

KUPANG, KOMPAS.com - Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional Dody Edward melakukan pemantauan bahan pangan di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Selasa (9/5/2017) siang. 

Dody dan rombongan dari Kementerian Perdagangan, memantau harga bahan pangan di beberapa pusat perbelanjaan yakni Hypertmart Bundaran PU, Hypermart El Tari Lippo Plaza dan Ramayana Mall. Dalam kegiatan pamantauan harga bahan pangan itu, Dody ditemani Kepala Dinas Perdagangan, Simon Tokan dan sejumlah stafnya.

Kepada wartawan di sela sela kegiatan itu, Dody Edward mengatakan, tujuan pemantauan ini yakni ingin memastikan ketersediaan adanya pasokan dan kepatuhan para pelaku usaha sehubungan dengan kebijakan pemerintah untuk harga eceran tertinggi yang terkait tiga bahan pokok yaitu gula, minyak goreng dan daging.

"Tadi kami temukan daging sapi harga eceran tertinggi adalah Rp 80.000 per kilogram, minyak goreng Rp 11.000 per liter dan gula Rp 12.500 per kilogram. Kami cek harga di ritel modern apakah betul mereka telah menjalankan kebijakan pemerintah," kata Dody.

Pihaknya juga lanjut Dody, memantau iklan di tempat perbelanjaan yang mana masyarakat sangat membutuhkan itu, sehingga ketika masyarakat datang langsung mengetahui ada promosi atau kebijakan pemerintah yang diketahui oleh masyarakat luas, baik itu di pintu masuk maupun tempat strategis lainnya.

Hal itu dilakukan, mengingat kementerian perdagangan juga sudah mengeluarkan surat edaran kepada pemerintah daerah, agar pajak iklan itu ditiadakan. Hal ini kata dia, adalah bentuk kegiatan sosialisasi agar program program pemerintah bisa diketahui secara luas oleh masyarakat.

Saat melakukan pemantauan di Hypermat Bundaran PU, pihaknya menemukan pihak pengelola belum memasang banner di tempat strategis. Pengelola pun berjanji akan segera memasang banner pada sore ini. Dody pun memastikan akan melakukan pengecekan lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami juga tadi masih menemukan ada gula ukuran stengah kilogram, kalau dihitung harga satu kilogram itu melebihi harga tertinggi, sehingga kami langsung berikan teguran."

Ia berharap, pengelola Hypermart Bundaran PU bisa mengembalikan harga gula, agar jangan melebihi harga tertinggi dan itu sudah dicatat sehingga akan dipantau oleh Dinas Perdagangan Provinsi NTT.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.