Harga Minyak Naik Pasca Ekspektasi Pemangkasan Produksi Saudi Aramco

Kompas.com - 10/05/2017, 10:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

TOKYO, KOMPAS.com - Harga minyak naik di perdagangan di Asia pada Rabu (10/5/2017). Kenaikan ini terjadi setelah muncul kabar bahwa Arab Saudi akan memangkas pasokan minyak ke Asia.

Hal ini terkait pula dengan upaya Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) melawan kenaikan produksi minyak Arab Saudi yang mengancam upaya OPEC mengakhiri banjir pasokan minyak mentah.

Saudi Aramco, perusahaan minyak terbesar di dunia milik Arab Saudi, akan menurunkan pasokan minyaknya kepada konsumen-konsumen di Asia sebesar sekitar 7 juta barrel pada Juni 2017.

Ini adalah bagian dari kesepakatan OPEC untuk memangkas produksi dan ekspor guna memenuhi kebutuhan energi domestik selama musim panas.

Sebanyak 7 juta barrel setara dengan impor minyak selama dua hari ke Jepang, yang merupakan importir minyak terbesar keempat dunia. Sebelumnya, Aramco selalu menjaga pasokannya kepada konsumen-konsumen pentingnya di Asia.

Mengutip Reuters, acuan harga minyak Brent naik 25 sen atau 0,5 persen. Dengan demikian, harga minyak Brent kini berada pada posisi 48,98 dollar AS per barrel.

Adapun acuan harga minyak AS West Texas Intermediate (WTI) naik 29 sen atau 0,6 persen. Dengan demikian, acuan harga minyak WTI kini berada pada posisi 46,17 dollar AS per barrel. 

(Baca: Harga Minyak Dunia Terus Menguat)

Kompas TV Harga Minyak Dunia Bergejolak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.