Mentan Harap Wilayah Penyangga Mampu Pasok Bahan Pangan untuk Ibu Kota

Kompas.com - 10/05/2017, 16:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait dengan pasokan pangan dan gejolak harga yang sering kali terjadi di kota besar khususnya Jakarta, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memaparkan ada solusi permanen untuk mengamankan kebutuhan pasokan pangan Jakarta.

Menurut Amran, kebutuhan pangan pokok masyarakat kota Jakarta dipenuhi dari 10 kabupaten yang berbatasan dengan kota Jakarta.

"Kita harus memanfaatkan daerah perbatasan kota yang memiliki sumber daya dan lahan yang subur, untuk menyangga kebutuhan pangan masyarakat di kota besar," kata Mentan melalui keterangan resmi, Rabu (10/5/2017).

Mentan Amran menuturkan, 10 kabupaten yang ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Jabodetabek adalah Kabupaten Serang, Lebak, Pandeglang, Sukabumi, Lampung Selatan, Lampung Timur, Cianjur, Purwakarta, Subang dan Karawang.

"Saat ini kita harapkan 200.000 hingga 300.000 hektar dapat disiapkan untuk penuhi kebutuhan," ujar Mentan.

Dia mengatakan, sebagai tindak lanjut terlaksananya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat Jakarta, pihaknga telah berkerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya.

"Untuk penyediaan lahan Kementan bersinergi dengan Kementerian Kehutanan dan BUMN dalam hal ini Perhutani," ungkap Mentan Amran.

Selain itu, untuk penyediaan akses pembiayaan atau kredit, pihaknya telah bekerja sama dengan Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI, lalu untuk penyerapan hasil produksi petani Kementan bersinergi dengan Bulog dan Gapungan Pengusaha Makan Ternak.

Menurut Amran, selain penyediaan lahan tambahan, dan akses pembiayaan, yang perlu dibangun adalah infrastuktur perairan dalam bentuk embung desa.

"Untuk mendukung pemenuhan pangan pemerintah akan membangun embung desa bersinergi dengan Kementerian Desa dan untuk penyediaan alat mesin pertanian, benih unggul dan pompa, Kementerian Pertanian siap untuk berikan secara gratis kepada Kabupaten yang mendukung pemenuhan kebutuhan pangan Jakarta," kata Amran.

Menurutnya, apabila program pemenuhan pangan berhasil memenuhi kebutuhan masyarakat Jakarta, maka komoditas lain seperti cabai, bawang merah, bawang putih dan lainya diharapkan dapat segera menyusul.

"Kalau ini berhasil, saya pastikan tidak ada impor lagi, ini adalah solusi permanen untuk Jakarta agar harga pangan tidak mengalami fluktulasi harga," tegas Mentan.

(Baca: KPPU Awasi Distributor Bahan Pangan Jelang Ramadhan dan Idul Fitri )

Kompas TV Di Kabupaten Kotawaringin, Kalimantan Tengah, banjir semakin meluas akibat meluapnya sungai arut. Banjir terparah berada di Desa Sukarami Kecamatan Arut Utara. Desa ini sudah terisolir karena akses jalan terputus total. Warga masih bertahan di rumah mereka namun semakin kesulitan bahan makanan. Warga juga kesulitan pasokan air bersih karena semua sumur milik warga tergenang banjir.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.