Para Pelaku Usaha di Konferensi Pelabuhan Dunia Fokus ke Keberlanjutan

Kompas.com - 10/05/2017, 17:00 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

NUSA DUA, KOMPAS.com - Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah konferensi pelabuhan dunia atau International Association of Ports and Harbors (IAPH) World Ports Conference 2017 ke -30. Konferensi ini menghadirkan para pelaku-pelaku usaha kepelabuhanan di seluruh dunia.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) , Elvyn G Masassya mengatakan, konferensi IAPH salah satu ajang bertukar pikiran pelaku-pelaku usaha kepelabuhan terkait dengan keberlanjutan usaha-usaha di bidang kepelabuhan. 

(Baca: Konferensi Pelabuhan Internasional di Bali Berpotensi Datangkan Investasi)

"Bagi kita di Indonesia keberlanjutan ini po?in penting untuk industri pelabuhan, misalnya fenomea aliansi global shipping akibat kompetisi, ini tentu harus linkage dengan perusahaan pelayaran. Di luar itu agar lebih sustain pelabuhan harus adaptasi dengan pengguna jasa salah satunya adalah memodernisasi pelabuhan," ujar Elyvn di Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua Bali, Rabu (10/5/2017). 

Elvyn menuturkan, pelabuhan-pelabuhan di Indonesia telah menyiapkan berbagai infrastruktur untuk mendukung konsep keberlanjutan. Salah satunya, telah menyamakan kedalaman air (Draft) di semua pelabuhan-pelabuhan Indonesia, sehingga dapat melayani kapal-kapal besar. 

"Kemudian kami sudah mentransformasi pelabuhan yang digital, seperti sistem Indonesia National Single Window (INSW. Karena kebutuhan pelabuhan dunia arahnya digital port. Ini dilakukan oleh Pelindo 1,2,3,4 agar lebih keberlanjutan," jelas Elvyn. 

Sementara itu, Presiden IAPH Santiago Garcia Mila menambahkan, konsep keberlanjutan kepelabuhan tidak hanya pada sisi bisnis saja. Akan tetapi, terdapat keberlanjutan sosial yakni, menciptakan lapangan pekerjan.

"Kami memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menciptakan lapangan kerja yang layak, dan juga menciptakan kondisi kerja untuk keberlangsungan," tandasnya. 

Sekadar informasi, konferensi ini digelar di Bali mulai dari 7 Mei 2017 hingga 12 Mei 2017. Konferensi tersebut juga diselenggarakan oleh PT Pelabuhan ?Indonesia I, II, III, dan IV (Persero). 

(Baca: Menhub Minta Pelaku Usaha Kepelabuhan Terus Tingkatkan Pelayanan)

Kompas TV Kapal Kargo KM Asia Prima Terbakar
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.