Luhut Ajak Pelaku Usaha Asing Investasi Kembangkan Pelabuhan

Kompas.com - 10/05/2017, 19:08 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

NUSA DUA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Padjaitan mengajak para pelaku usaha asing untuk berinvestasi mengembangkan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia.

Hal tersebut dinyatakannya saat menghadiri konferensi kepelabuhan dunia atau International Association of Ports and Harbors (IAPH) World Ports Conference 2017 ke-30 di Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua Bali, Rabu (10/5/2017).

"Kalau anda (pelaku usaha asing) kami akan sediakan karpet merah. Jadi kita ajak mereka (pelaku usaha asing) masuk sini dan juga membangun (pelabuhan)," ujar Menko Luhut.

Menurut Luhut, Indonesia butuh banyak investor untuk membiayai pembangunan infrastruktur. Sebab, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sudah tidak mencukupi untuk biayai pembangunan infrastruktur.

"Indonesia membutuhkan investor dari luar. APBN kita kan hanya  20 persen menutup seluruh pembangunan infrastruktur," jelas Luhut.

Dia pun meminta kepada investor asing tidak takut menyampaikan ke pemerintah jika mengalami kesulitan dalam berinvestasi di Indonesia.

"Jika mengalami kesulitan (berinvestasi) adukan ke kami. Kami siap bantu," tandasnya.

Sekadar informasi, konferensi kepelabuhan ini dihadiri oleh ratusan pelaku usaha dari 25 negara. Konferensi ini berlangsung dari 7 Mei 2017 hingga 12 Mei 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.