Hanya dengan Rp 10.000, Anda Bisa Beli Reksa Dana Syariah

Kompas.com - 11/05/2017, 21:59 WIB
Presiden Direktur PT Manulife Asset Management Indonesia Legowo Kusumonegoro dalam press briefing peluncuran produk reksa dana syariah di Semarang, Kamis (11/5/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPresiden Direktur PT Manulife Asset Management Indonesia Legowo Kusumonegoro dalam press briefing peluncuran produk reksa dana syariah di Semarang, Kamis (11/5/2017).
|
EditorM Fajar Marta

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Manulife Asset Manajemen Indonesia (MAMI) meluncurkan produk reksa dana syariah pertama yang membagikan dividen bagi para investornya.

Produk ini bernama Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI). Produk reksa dana pendapatan tetap ini ditawarkan mulai 12 Mei 2017. Adapun pembelian awal dapat dilakukan hanya dengan Rp 10.000.

"Reksa dana MSSI bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mengembangkan dana simpanannya sesuai prinsip syariah. Selain menawarkan potensi imbal hasil yang lebih tinggi dari deposito syariah, reksa dana ini juga akan membagikan dividen," kata Presiden Direktur MAMI Legowo Kusumonegoro di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/5/2017).

Legowo menjelaskan, investor dapat memanfaatkan produk ini sebagai tempat untuk menyiapkan dana untuk menunaikan ibadah haji maupun umroh. Investor juga bisa memanfaatkannya untuk keperluan jangka pendek lainnya.

Menurut Legowo, reksa dana MSSI memiliki tingkat risiko relatif rendah. Hal ini disebabkan pemilihan aset yang diinvestasikan di portofolio reksa dana MSSI adalah sukuk dengan tenor pendek, sehingga volatilitasnya rendah.

"Investor yang sudah memiliki investasi di reksa dana saham pun dapat memanfaatkan reksa dana MSSI sebagai penyeimbang saat volatilitas pasar saham sedang tinggi," jelas Legowo.

Reksa dana MSSI mengalokasikan 85 sampai 100 persen aser yang dikelola untuk diinvestasikan di sukuk pemerintah maupun korporasi. Sisanya dialokasikan di instrumen pasar uang syariah di bawah 1 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Reksa dana syariah ini memiliki likuiditas tinggi sehingga dana dapat dicairkan setiap hari. Proses pencairan dana investor dilakukan dalam 2 sampai 3 hari kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.