RI Akan Tawarkan Pelabuhan Kuala Tanjung dan Bitung pada KTT OBOR

Kompas.com - 12/05/2017, 16:56 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Selasa (25/4/2017).  Achmad FauziMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Selasa (25/4/2017). 
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

NUSA DUA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menawarkan dua proyek infrastruktur kepada para investor dalam Konferensi Tingkat Tinggi One Belt One Road (KTT OBOR) di Beijing, China. 

Kedua proyek itu yakni, pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara dan pengembangan Pelabuhan Bitung di Sulawesi Utara.  

"Ini kita bicara soal Indonesia Centris. Kita akan prioritaskan Indonesia Centris untuk dua lokasi, yaitu di Sumatera Utara dan Sulawesi Utara," ujar Budi Karya di hajatan International Association of Ports and Harbors (IAPH) World Ports Conference 2017 ke-30 di Nusa Dua Bali, Jumat (12/5/2017).

Menurut Budi Karya, kedua pelabuhan tersebut bakal diproyeksikan menjadi pelabuhan hub internasional selain Pelabuhan Tanjung Priok. 

"Kita tahu bahwa Kuala Tanjung dan Bitung adalah international hub kedua dan ketiga. Karena fungsi international hub, maka akan ada kegiatan yang lain apakah itu industri, transportasi kereta api dan jalan tol serta new town development," jelasnya.  

Budi Karya menambahkan, saat ini pembangunan dan pengembangan kedua pelabuhan menjadi program prioritas pemerintah. Sehingga, kata dia, investasi yang masuk akan diarahkan untuk membangun dan mengembangkan kedua pelabuhan tersebut. 

KTT Obor akan digelar di Beijing China pada 14-15 Mei 2017. Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir bersama 27 pemimpin negara lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.