Kompas.com - 14/05/2017, 16:03 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menyatakan, tengah melakukan kajian terkait program perlindungan kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Hal tersebut dilakukan, lataran hingga saat ini hingga belum ada program perlindungan resmi dari BPJS Ketenagakerjaan untuk para TKI yang bekerja di luar negeri.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan M Krishna Syarif mengatakan, untuk program perlindungan TKI, pihaknya masih melakukan penyusunan bersama dengan Kementerian Ketenagakerjaan.

"Sekarang kami lagi menyusun dengan Menteri Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan kepada TKI di luar negeri. Semua masih dalam proses, bagaimana kami bisa hadir di setiap wilayah negara bersangkutan untuk memberikan perlindungan sepenuhnya," kata Krishna di Jakarta, Minggu (14/5/2017).

Krishna mencontohkan kejadian kasus kecelakaan kerja hingga penganiayaan TKI saat ini belum tertangani dengan baik oleh instansi resmi pemerintah. Dengan itu BPJS Ketenagakerjaan berinisiatif ingin memberikan program jaminan ketanagakerjaan bagi TKI.

"Mungkin selama ini TKI kurang ter-cover. Sekarang kami fokus ke manfaat yang ada di BPJS," katanya.

Menurutnya, saat ini BPJS Ketenagakerjaan sedang melakukan pendekatan ke beberapa negara yang memperkerjakan TKI dalam jumlah yang besar untuk bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam program perlindungan TKI.

Saat ini BPJS tengah mendata TKI yang berkerja di wilayah Asia, seperti Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan Hongkong. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.