Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2017, Semen Indonesia Terbitkan Obligasi Rp 3 Triliun

Kompas.com - 15/05/2017, 18:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) melakukan penawaran umum obligasi dengan mekanisme Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) sebesar Rp 8 triliun.

SMGR akan melakukan penerbitan obligasi secara bertahap. Penawaran tahap I tahun 2017 dilakukan dengan jumlah pokok obligasi sebanyak-banyaknya sebesar Rp 3 triliun dengan jangka waktu obligasi lima tahun.

Bunga obligasi dibayarkan setiap triwulanan atau tiga bulan terhitung sejak tanggal emisi. Kupon yang diberikan 8 sampai 8,8 persen.

"Dari penerbitan ini, sebanyak-banyaknya Rp 1,37 triliun akan digunakan untuk refinancing utang kredit sindikasi anak perusahaan yaitu PT Semen Tonasa. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan," kata Direktur Utama SMGR Rizkan Chandra di Jakarta, Senin (15/5/2017).

Obligasi yang akan ditawarkan tersebut telah memperoleh hasil pemeringkatan AA+ dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo ).

Masa penawaran awal (book building) obligasi ini akan dilakukan pada 15 sampai 29 Mei 2017. Perkiraan masa penawaran umum akan dilaksanakan pada 8 sampai 9 Juni 2017.

Pencatatan obligasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) direncanakan pada 15 Juni 2017. Dalam aksi korporasi ini, SMGR menunjuk PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com